Makalah evaluasi ekonomi bahan pakan




Kata Pengantar

    Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah. Tuhan yang maha Esa karena  berkat limpahan rahmat dan karunianya sehingga makalah yang berjudul “Evaluasi Ekonomi Bahan Pakan” dapat terselesaikan.
    Dalam penyusunan makalah ini, penyusun banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Olehnya itu, penulis mengucapkan terimah kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal dari tuhan yang maha esa.
    Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari  bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.
    Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian.


                                                                                        Samata, 19 April  2019 


DAFTAR ISI





BAB I

PENDAHULUAN

 

Evaluasi ekonomi didefinisikan sebagai perbandingan antara konsekuensi dari dua atau lebih rangkaian alternative dari suatu keputusan. Biaya yang terjadi merupakan biaya yang digunakan untuk menjalankan aktivitas yang merupakan implementasi dari suatu keputusan yang akan menghasilkan outcome baik berupa outcome positif ataupun outcome negatif.
Evaluasi ekonomi memberikan penilaian terhadap efisiensi, yang menilai hubungan antara hasil yang dicapai dan input yang digunakan dalam hal ini adalah uang yang digunakan teknik evaluasi ekonomi mampu menyediakan berbagai cara untuk menanggulangi masalah dengan menggunakan berbagai pertimbangan pilihan masyarakat.
Evaluasi ekonomi mempunyai peranan penting dalam menanggulangi berbagai masalah manajemen, penekanannya terletak pada penentuan bagaimana penyediaan pelayanan yang terbaik, bukan penentuan prioritas dalam investasi.
Penyediaan pakan merupakan salah satu faktor pendukung yang sangat  mempengaruhi keuntungan suatu usaha peternakan, sehingga segala upaya mesti  dilakukan oleh seorang peternak untuk menyajikan pakan yang mampu memenuhi kebutuhan gizi ternaknya untuk hidup serta berproduksi dengan baik dan tentunya dengan biaya yang murah, agar diperoleh keuntungan yang optimal.


BAB II

PEMBAHASAN

 

Evaluasi merupakan suatu proses penilaian, dalam suatu usaha evaluasi dapat di artikan sebagai proses pengukuran akan evektifitas strategi yang di gunakan dalam upaya mencapai tujuan suatu usaha. Evaluasi di lakukan untuk mengetahui bagaimana perilaku masyarakat petani peternak yang memlihara ternak sapi potong dalam manajemen pemeliharaan khususnya manajemen pemberian pakan.





                                                               BAB III

PENUTUP


Evaluasi ekonomi didefinisikan sebagai perbandingan antara konsekuensi dari dua atau lebih rangkaian alternative dari suatu keputusan. Biaya yang terjadi merupakan biaya yang digunakan untuk menjalankan aktivitas yang merupakan implementasi dari suatu keputusan yang akan menghasilkan outcome baik berupa outcome positif ataupun outcome negatif.
Analisis pada aspek-aspek penunjang kelayakan usaha yaitu aspek teknis, aspek pasar, aspek manajemen dan aspek sosial menunjukkan bahwa pendirian usaha pakan ternak layak untuk dilaksanakan.  Pada aspek teknis pengadaan input pada mesin dan peralatan biaya investasi masih sangat tinggi. Berdasarkan aspek manajemen, manajemen pembuatan usaha pakan ternak ini sangat sederhana karena usaha ini baru akan didirikan. Untuk aspek pasar, potensi yang cukup besar terhadap peluang pasar pakan ternak di wilayah Luwu Raya dan Sekitarnya. Hasil analisis kelayakan finansial Pembuatan Usaha Pakan Ternak dengan potensi limbah 5000 Ton dan menghasilkan pakan ternak sebesar 2.100 kg per tahun, dengan tingkat diskonto sembilan persen.
Hasil analisis sensitivitas dengan skenario menunjukkan bahwa pada usaha pembuatan pakan ternak ini akan tidak layak dilaksanakan pada kondisi jika terjadi penurunan jumlah output (limbah apas sagu) sebesar 10 persen disertai dengan penurunan captive market sebesar 10 persen, biaya tetap (tenaga kerja ahli dan operasional) sebesar 20 persen. Sedangkan pada kondisi penurunan captive market sebesar 10 persen disertai kenaikan biaya variabel dan kenaikan biaya tetap menunjukkan usaha masih layak dilaksanakan.
Adapun saran yang dalam makalah ini, penulis sadar akan kekurang dalam makalah ini untuk itu saran dan kritikan sangat dibutuhkan untuk memperbaiki maklah ini agar dapat bermanfaat bagi pembacanya.

DAFTAR PUSTAKA


Haedar. Kasran, Muhammad. 2016. Kelayakan Financial Dan Ekonomi Usaha Pembuatan Pakan Ternak Limbah Ampas Sagu (Metroxylon Sago) Jurnal Manajemen Vol. 03 No.1. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Palopo. Palopo.


Megawati. 2017.” Evaluasi Manajemen Pemberian Pakan Terhadap Budi Daya Ternak Sapi Potong Di Kecamatan Pajukukang Kabupaten Bantaeng”. (Skripsi). Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin Makassar.

Makalah evaluasi ekonomi bahan pakan Makalah evaluasi ekonomi bahan pakan Reviewed by Faikatushalihat on July 11, 2020 Rating: 5

2 comments:

  1. Saya tunggu artikel peternaka mengenai bahan pakan dan formulasi ransum

    ReplyDelete
  2. Saya suka penulisan laporan dan makalahnya, sangat membantu dalam mengerjakan tugas dari dosen

    ReplyDelete

Powered by Blogger.