Cara Gampang Membuat Complete Feed (Pakan Komplit) Solusi Kelangkaan Pakan Ternak



Penyediaan  makanan  ternak yang cukup sepanjang tahun baik kuantitas maupun kualitas merupakani salah satu upaya untuk menjaga kelangsungan produksi dan meningkatkan produktivitas ternak. Permasalahan penyediaan hijauan pakan sepanjang tahun menjadi salah satu faktor vital dalam usaha peternakan, terutama pada musim kemarau. Oleh karena itu, dalam penyediaan tanaman pakan sepanjang tahun perlu disikapi dengan berbagai inovasi secara optimal sehingga kebutuhan akan tanaman pakan dalam usaha peternakan dapat terpenuhi. 
Ketersedian sumber bahan pakan baik sebagai pakan dasar maupun pakan tambahan adalah hal yang sangat mempengaruhi keberhasilan peternak dalam meningkatkan produktifitas ternak ruminansia terutama yang beriklim tropis. Bila dibandingkan dengan daerah yang beriklim humid tropik, peternak yang berada di daerah tropik yang lebih kering selalu berhadapan dengan tidak tersedianya suplai pakan dengan kualitas yang baik sepanjang tahun, terutama selama musim kemarau. Untuk itu sangat diperlukan sumber pakan alternatif untuk menjamin peningkatan produksi ternak .
Complete feed merupakan campuran konsentrat dan hijauan menjadi suatu bentuk ransum tunggal yang dapat menghindari seleksi pakan oleh ternak dan dapat meningkatkan efisiensi dalam manajemen penyediaan dan pemberian pakan. Pakan lengkap atau Complete feed merupakan salah satu pengembangan teknologi formulasi pakan, yaitu dengan cara semua pakan yang terdiri dari hijauan (limbah pertanian) dan konsentrat dicampur menjadi satu campuran yang homogen dan diberikan pada ternak sebagai satu-satunya pakan tanpa tambahan rumput segar. Complete feed dengan sumber hijauan pakan lokal dan limbah pertanian diharapkan dapat mempertahankan ketersediaan pakan dengan biaya yang relatif lebih murah serta dapat meningkatkan nilai nutrisi Complete feed itu sendiri.
Pakan komplit ini adalah ransum berimbang ynag telah lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ternak, baik untuk pertumbuhan, perawatan jaringan maupun produksi. Dalam pemberiannya, ransum ini tidak memerlukan tambahan apapun kecuali air minum. Dengan pemberian pakan komplit, lebih praktis dan sangat menghemat tenaga kerja serta petani tidak perlu lagi setiap hari mencari rumput.
Pakan komplit disusun untuk menyediakan ransum secara komplit dan praktis dengan pemenuhan nilai nutrisi yang tercukupi untuk kebutuhan ternak serta dapat ditujukan untuk perbaikan sistem pemberian pakan. Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan Complete feed antara lain yaitu sumber SK (jerami, tongkol jagung, pucuk tebu), sumber energi (dedak padi, kulit kopi, kulit kakao tapioka, tetes), sumber protein (bungkil kedelai, bungkil kelapa, bungkil sawit, bungkil biji kapok), dan sumber mineral (tepung tulang, garam dapur). Keuntungan pembuatan pakan lengkap antara lain meningkatkan efisiensi dalam pemberian pakan dan menurunnya sisa pakan dalam palungan, hijauan yang palatabilitas rendah setelah dicampur dengan konsentrat dapat mendorong meningkatnya konsumsi, untuk membatasi konsumsi konsentrat karena harga konsentrat mahal.
jadi Pakan komplit dibuat dari hasil samping pertanian seperti jerami kedelai, tetes tebu, kulit kakao, kulit kopi, ampas tebu, bungkil biji kapok, dedak padi, onggok kering dan bungkil kopra, pakan tersebut diformulasikan sedemikian rupa sehingga kebutuhan ternak terpenuhi 
A.  Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan pada pembuatan pakan komplit ini adalah :
1.    Alat
Alat yang digunakan dalam praktek lapang ini adalah alat tulis, baliho, baskom, botol, ember, penuntun dan timbangan.
2.    Bahan
Bahan yang digunakan dalam praktek lapang ini adalah dedak padi 4 kg, dedak  jagung 3 kg, konsentrat 1,3 kg, garam 100 gr, mineral mix 100 gr, isi rumen 400 gram
B.  Prosedur Kerja
Prosedur kerja pada pembuatan pakan komplit ini, yaitu:
  1. Menyiapkan alat dan bahan.
  2. Menghamparkan dedak padi diatas terpal/baliho sebanyak 4 kg.
  3. Menghamparkan dedak jagung sebanyak 3 kg diatas dedak padi.
  4. Menambahkan konsentrat sebanyak 1,3 kg.
  5. Menambahkan garam 100 gram, mineral mix 100 gram dan isi rumen 400 gram yang dipisahkan pada wadah lalu diberikan secara bersamaan dan dicampurkan sampai merata atau halus.
  6. Mencampur semua bahan secara merata sampai tidak ada gumpalan kasar yang terbentuk.
  7. Memasukkan kedalam kantong plastik lalu diikat dengan tanpa udara.


Cara Gampang Membuat Complete Feed (Pakan Komplit) Solusi Kelangkaan Pakan Ternak Cara Gampang Membuat Complete Feed (Pakan Komplit) Solusi Kelangkaan Pakan Ternak Reviewed by Faikatushalihat on July 17, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.