Cara Membuat Pakan Konsentrat Ternak Sapi yang Sangat Sederhana dan Murah



Konsentrat adalah suatu bahan pakan yang dipergunakan bersama bahan pakan lain untuk meningkatkan keserasian gizi dari keseluruhan pakan dan dimaksudkan untuk disatukan dan dicampur sebagai suplemen (pelengkap) atau pakan lengkap. Konsentrat merupakan bahan pakan yang memiliki kadar serat kasar di bawah 18% dan mudah dicerna. Konsentrat terbuat dari campuran beberapa bahan pakan sumber energi (biji-bijian), sumber protein (jenis bungkil dan kacang-kacangan), vitamin dan mineral (Kartadisastra, 2012). 
Berdasarkan komposisinya, konsentrat dibagi menjadi 2 macam yaitu konsentrat sumber energi (kandungan PK di bawah 18%) dan konsentrat sumber protein (kandungan PK di atas 18%). Konsentrat sumber energi biasanya didapatkan dari bahan-bahan berupa jagung kuning, dedak, bekatul, bungkil kelapa, lemak, minyak dan bahan-bahan lain yang umumnya kaya akan energi. Konsentrat sumber protein biasanya terkandung dalam bahan-bahan antara lain tepung ikan, bungkil kedelai dan bungkil kelapa. Pemberian konsentrat bertujuan untuk meningkatkan konsumsi dan kecernaan pakan serta untuk menambah nilai gizi pakan.
Pakan yang diberikan kepada sapi potong pada umumnya terdiri dari hijauan dan konsentrat. Pemberian pakan berupa kombinasi kedua bahan itu akan memberi peluang terpenuhinya nutrien dan biayanya relatif murah. Namun, bisa juga terdiri dari hijauan ataupun konsentrat saja. Apabila pakan terdiri dari hijauan saja maka biayanya relatif murah dan lebih ekonomis, tetapi produksi yang tinggi sulit tercapai, sedangkan pemberian pakan yang hanya terdiri dari konsentrat saja akan memungkinkan tercapainya produksi yang tinggi, tetapi biaya ransumnya relatif mahal dan kemungkinan bisa terjadi gangguan pencernaan, sehingga pakan dapat dimanfaatkan seefisien mungkin dan dapat memenuhi kebutuhan ternak bila ditunjang dengan manajemen pakan yang baik.
Konsentrat biasanya tersusun dari berbagai bahan pakan biji-bijian dan hasil ikutan dari pengolahan hasil pertanian maupun industri. Pemberian konsentrat dimaksudkan untuk mempercepat pertumbuhan sapi. Namun, pemberian pakan penguat berupa konsentrat harus memperhitungkan nilai ekonomisnya. Pemberian konsentrat yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerugian bila tidak diiringi peningkatan pertumbuhan atau produksi yang sesuai. Jika ransum yang seluruhnya terdiri dari makanan penguat atau hijauan hanya sedikit, maka efisiensi penggunaan makanan diperbaiki tetapi harus diberi sumber energi yang tinggi, dan jika hijauan dalam ransum dihilangkan maka sangat berbahaya karena ransum tidak mengandung serat kasar yang tinggi, minimal 10% hijauan harus ada dalam ransum untuk menghindari gangguan pencernaan. 
Kandungan gizi konsentrat dibagi dua golongan yaitu pertama konsentrat sebagai sumber protein, apabila kandungan protein lebih dari 18%, Total Digestible Nutrision (TDN) 60%. Konsentrat berasal dari hewan dan tumbuhan. Berasal dari hewan mengandung protein lebih dari 47%, mineral Ca lebih dari 1% dan P lebih dari 1,5% serta kandungan serat kasar dibawah 2,5%. Contohnya tepung ikan, tepung susu, tepung daging, tepung darah, tepung bulu, dan tepung cacing. Berasal dari tumbuhan, kandungan proteinnya dibawah 47%, mineral Ca dibawah 1% dan P dibawah 1,5% serat kasar lebih dari 2,5%. Contohnya tepung kedelai, tepung biji kapuk, tepung bunga matahari, bungkil wijen, bungkil kedelai, bungkil kelapa, bungkil kelapa sawit dan lain-lain .
Fungsi utama konsentrat adalah mensuplai energi tambahan yang diperlukan untuk produksi susu maksimal yang tidak dapat dipenuhi oleh hijauan dan mengatur atau mensuplai tingkat protein suatu ransum tertentu. Fungsi konsentrat adalah meningkatkan dan memperkaya nilai gizi pada bahan pakan lain yang nilai gizinya rendah.
A.  Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan pada praktek lapang ini adalah :
1.    Alat
Alat yang digunakan dalam praktek lapang ini adalah alat tulis, baliho, botol, ember, penuntun, plastik dan timbangan.
2.    Bahan
Bahan yang digunakan dalam pembuatan konsentrat ini adalah dedak padi 3,3 kg, ampas tahu 3 kg, dedak jagung 2 kg, molases 0,3 kg, garam 300 gram dan mineral 300 gram.
B.  Prosedur Kerja
Prosedur kerja pada pembuatan konsentrat ini sebagai berikut :
  1. Menyiapkan alat dan bahan.
  2. Menimbang bahan yaitu dedak 3,3 kg, ampas tahu 3 kg, dedak jagung  2 kg, molases 0,3 kg, garam 300 gram dan mineral 300 gram.
  3. Menghamparkan dedak  3,3 kg diatas terpal.
  4. Menambahkan ampas tahu 3 kg di lapisan kedua.
  5. Menambahkan jagung giling 2 kg.
  6. Menambhkan mineral mix 300 gr dan garam 300 gr dicampurkan sampai merata.
  7. Menambahkan molasses yang sudah diencerkan lalu ditaburkan secara merata.
  8. Mengemas dalam plastik 

Cara Membuat Pakan Konsentrat Ternak Sapi yang Sangat Sederhana dan Murah Cara Membuat Pakan Konsentrat Ternak Sapi yang Sangat Sederhana dan Murah Reviewed by Faikatushalihat on July 16, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.