Bagaimana susunan gigi ternak non ruminansia?


A.    Susunan Gigi Pada Ternak Non Ruminansia (Kuda)



Anak kuda yang berumur enam sampai sepuluh bulan mempunyai gigi sebanyak 24 buah yang disebut dengan gigi susu, dimana gigi susu tersebut terdiri dari 12 gigi seri dan 12 gigi geraham. Gigi seri meliputi tiga pasang pada bagian rahang atas dan tiga pasang pada bagian rahang bawah.

Gigi tetap mulai muncul  berpasangan, dimulai pada umur 2,5 tahun dan semuanya telah lengkap. Gigi tersebut akan jauh lebih besar dan panjang dibandingkan dengan gigi susu. Umur empat tahun, pasangan berikutnya akan semakin  lengkap dan tinggalah satu pasang gigi susu. Kuda berumur lima tahun telah memiliki satu set gigi tetap yang lengkap dan tinggal satu pasang gigi seri sementara.  Hal yang menarik adalah perkembangan gigi taring yang selalu ada pada kuda jantan namun jarang pada kuda betina. Kuda yang berumur enam sampai delapan tahun gigi permanen telah usang yang dimulai dari bagian pusat hingga bagian pertengahan mengarah ke samping.

B.     Susunan Gigi Pada Ternak Non Ruminansia (Kelinci)



Kelinci termasuk hewan non ruminansia lagomorpha bergigi seri  yang berjumlah  6 buah. Gigi tersebut berjumlah 2 buah untuk setiap belah rahang atas dan 1 buah pada setiap belah rahang bawah, jadi jumlah total ada 6 gigi seri. Gigi tersebut selalu tumbuh secara terus-menerus sehingga secara berkala kelinci memiliki kebiasaan untuk mengeratkan giginya pada media tertentu agar tidak terjadi overgrowt. Gigi premolar pada tiap belah rahang atas ada 2-3 buah gigi dan pada rahang bawah ada 2 buah gigi.

C.    Susunan Gigi Pada Ternak Non Ruminansia (Anjing)


1.      Pada umumnya anak anjing atau puppy memiliki 28 gigi bayi atau gigi sementara, diantaranya adalah gigi depan, taring dan geraham. Puppy tidak mempunyai gigi geraham yang paling belakang. Gigi puppy ini sementara dan hanya bertahan sekitar 7 bulan.
2.      Mulai usia 3 bulan, gigi  depan akan mulai tanggal dan digantikan dengan gigi dewasa. Gigi taring, geraham dan geraham paling belakang dimulai pada umur 4-7 bulan seharusnya gigi dewasa telah lengkap.
3.      Gigi dewasa berjumlah 42. Gigi bawah berjumlah 22 dan gigi atas berjumlah 20. Gigi depan atas ada 6, 2 taring, 8 geraham, tapi hanya 4 bagian atas, dari jumlah yang berbeda ini kita bisa menentukan usia anjing saat dewasa.

Bagaimana susunan gigi ternak non ruminansia? Bagaimana susunan gigi ternak non ruminansia? Reviewed by Faikatushalihat on July 12, 2020 Rating: 5

2 comments:

  1. Susunan gigi ternak sapi mana?

    ReplyDelete
  2. Ulasan tentang gigi ternak lain juga tolong dijelaskan, sapi kambing kerbau

    ReplyDelete

Powered by Blogger.